Friday, January 31, 2020

Menghapal quran sebagai pendidikan dasar anak.

Ketika para ahli berpendapat carilah minat dan bakat si kecil sedini mungkin.  Jangan paksa anak untuk menghapal jika memang kemampuannya bukan dihapalan.  Sebaliknya,  kami meyakini,  pendidikan anak sedari kecil harus dimulai dengan pengenalan kalamallah. Maka,  mulailah mencari guru tahfidz,  agar batin anak bisa tersentuh. Kami percaya,  ayat-ayat Allah sangat bisa menyentuh hati yang masih fitrah, dengan catatan,  kita sebagai orang tua juga harus tetap menjaga fitrah anak tersebut.
Mungkin,  anak kita bukan tipe penghapal,  tapi buat kami,  pendidikan yang awal itu adalah dengan menyentuhkan hati anak kepada kalamallah disamping mengajarkan tentang ketauhidan dan akhlaq-adab. 

Jadi,  menghapal,  yang kita inginkan ke anak-anak bukan agar mereka menang lomba atau memberi target-target tertentu harus hapal berapa Juz.. Oh,  bukan,  itumah bukan guwe bangeet.  Untuk tahap awal,  selama mereka mau menghapal, tidak masalah buat kami.

Layaknya orangtua yang memberi pendidikan terbaik menurut versi mereka,  maka kamipun berusaha memberi pendidikan terbaik versi kami.

Kerika seseorang bisa bersabar dalam sebuah kemaksiatan, seharusnya kitapun wajib bersabar dalam sebuah kebaikan.

Panennya mungkin bukan sekarang,  insyaaAllah panen terbaik didapat pada waktu yang tepat. 
Add to Cart

0 comments:

Post a Comment